Cara Sederhana Mengetahui BadSector Pada Harddisk




Jika komputer anda lambat, sering hang atau mungkin sering bluescreen. hal yang seperti ini harus benar - benar diperhatikan. Memang sih banyak yang menyebabkan komputer itu lambat atau sering hang, biasanya disebabkan oleh komputer yang terserang virus, ada beberapa software yang crash atau tidak terinstall dengan baik, bisa juga disebabkan oleh badsector pada harddisk.

Harddisk yang badsector sering kali disebabkan oleh banyaknya data yang kita simpan dan tak ada perawatan terhadap harddisk oleh pengguna komputer. Ada banyak cara mengetahui badsector selain menggunakan software. Windows sendiri juga telah menyediakan tool untuk mengetahui badsector pada harddisk.

Langsung saja tanpa banyak cerita lagi seperti pada judul blog saya kali ini Cara Sederhana Mengetahui BadSector Pada Harddisk. Langkah - langkahnya sebagai berikut :

Petama

Klik menu start - All Program - Accessories - Command Prompt atau bisa juga dengan cara singkat tekan Tombol Windows + R pada keyboard anda kemudian ketikkan CMD lalu tekan enter. Kedua perintah diatas akan mengarahkan kita ke jendela Command Prompt.

Kedua

Setelah tampilan CMD muncul ketikkan CHKDSK C: Perintah tersebut berfunsi untuk mengecek harddisk pada drive C:Kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah ini


Jika pengecekan telah sampai 100% maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini


Maksud dari gambar ke 2 diatas kurang lebih seperti berikut :
  1. Total disk space, Menyatakan besar kapasitas maksimum dari harddisk.
  2. n Hiddin Files (n menyatakan nilai tertentu), menyatakan besaran kapasitas oleh file - file yang tersembunyi (file - file yang tersembunyi biasanya adalah file - file sistem operasi).
  3. n Folder, Menyatakan jumlah folder pada satu drive.
  4. n Files, menyatakan jumlah file dalam satu drive.
  5. BadSector, menyatakan jumlah bytes yang terkena badsector dalam satu drive, jika 0 (nol) bytes berarti harddisk anda aman dari badsector dan bila lebih besar dari 0 (nol) maka harddisk anda sudah ada yang badsector. Jadi waspadalah karena dengan adanya badsector kemungkinan terjadi kerusakan dan bisa terjadi kapan saja.
  6. Available, menyatakan kapasitas dalam satu drive yang masih bisa digunakan untuk menyimpan data.


Selamat mencoba, semoga bisa membantu anda...!!!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Software Portable Menggunakan VMware ThinApp